Title: Pernyataan dari Pustaka Catut
Subtitle: Tentang Represi May Day Bandung
Author: Pustaka Catut
Topics: may day, statement
Language: Bahasa Indonesia
Date: 02/05/2019
Notes: Teks ini dipublikasikan oleh Pustaka Catut untuk menanggapi penindasan dan represi terhadap demonstran Hari Buruh 2019 - https://pustakacatut.noblogs.org/
p-c-pustaka-catut-pernyataan-dari-pustaka-catut-id-1.jpg

Kami adalah anak buruh yang berkerja di pabrik-pabrik, kantor, gudang, bengkel, restoran dan dimana saja orang tua kami membungkuk demi upah kepada majikan.

Kami adalah anak putus sekolah karena harus membantu orang tua. Kami adalah anak yang mengeluarkan diri dari sekolah karena menolak untuk melanjutkan sistem perbudakan upah modern.

Kami adalah pelajar dan mahasiswa yang bekerja paruh waktu, membagi antara waktu belajar dan ditindas, belajar di kampus dan tempat kerja.

Kami adalah generasi yang diajarkan untuk menjadi budak dan dibentuk sebagai produk siap pakai untuk industri. Kami harus membayar kuliah mahal untuk kelak diperbudak.

Kami adalah calon buruh, menggantikan orang tua kami yang jatuh martabatnya, merasa rendah diri akibat dicap bodoh, bekerja keras di bawah tuntutan produksi, jam kerja panjang, upah rendah, dan resiko kerja tinggi.

Kami adalah masa depan. Kami mengawali sebuah lembaran untuk zaman yang berbeda. Zaman tanpa penindasan dan perbudakan.

Kami, adalah anak-anakmu.


Solidaritas untuk 600 lebih kawan-kawan yang mengalami kekerasan di Bandung. Tidak ada yang bebas hingga semuanya bebas!